HEALTH

7 Asupan Potensial Meningkatkan Kadar Vitamin D Dalam Tubuhmu

Salah satu vitamin yang cukup penting bagi warga paruh baya terutama perempuan adalah vitamin D. Perempuan memang rawan terserang osteoporosis, yaitu tulang keropos akibat kekurangan kalsium. Perlu diketahui bahwa manfaat vitamin D dalam tubuh adalah meningkatkan penyerapan kalsium, magnesium, dan fosfat, yang kemudian disintesis untuk pembentukan tulang yang sehat.

Manfaat Vitamin D

Menurut beberapa penelitian, vitamin D bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dengan mengatur kalsium dan kadar fosfor dalam darah. Berbeda dengan vitamin-vitamin lain yang harus kita dapatkan dari makanan atau suplemen, vitamin D dapat dihasilkan langsung oleh tubuh. Tubuh manusia dapat menghasilkan vitamin D melalui berjemur langsung dengan matahari pagi. Selain tentu saja melalui makanan dan suplemen.

Penyakit seperti nyeri tulang dan punggung, rambut rontok dan struktur tulang yang lemah umumnya dikaitkan dengan kekurangan vitamin. Penyakit umum pada anak-anak adalah rakhitis. Para ilmuwan juga meneliti kemungkinan hubungan kekurangan vitamin D dengan diabetes, kanker, dan tekanan darah tinggi.

Semakin tua, semakin tinggi tingkat kebutuhan Vitamin D. Menurut ahli gizi kadar yang sehat konsumsi vitamin D sekitar 400 IU dan 700 IU (unit internasional) untuk anak-anak dan orang dewasa. Jumlah tertinggi adalah 800 IU untuk orang yang berusia sekitar 65 tahun ke atas.

Agar tubuh anda memenuhi kebutuhan Vitamin D hal yang harus di lakukan dan juga di konsumsi adalah :

1. Matahari

Akhir-akhir ini banyak keluhan terutama perempuan yang mengalami osteoporosis, atau keropos tulang. Hal ini berkaitan erat dengan kekurangan vitamin D yang dialami sehari-hari sehingga mengganggu kesehatan tulangnya. Bahkan ada berita hoax, perempuan berjilbab rawan kekurangan vitamin D karena busana yang serba tertutup. Tentu saja berita ini tidak benar.

Tingkat kekurangan vitamin D saat ini meningkat karena banyak orang yang menghabiskan waktu lebih banyak di dalam rumah. Di dalam rumah pun akses ke jendela yang memungkinkan matahari masuk ke dalam rumah tidak maksimal. Kelly Pritchett, Ph.D., R.D., juru bicara Akademi Nutrisi dan Dietetik dan asisten profesor bidang nutrisi dan olahraga di Central Washington University menyatakan bahwa cara termudah untuk meningkatkan asupan vitamin D dalam tubuh adalah berjemur, terutama di pagi hari.

2. Ikan

Ikan dikenal sebagai sumber signifikan, karena mengandung protein dan banyak vitamin. Vitamin disintesis dari lemak yang ditemukan dalam tubuh ikan. Satu porsi ikan berlemak yang baik dua hingga tiga kali dalam seminggu, dengan porsi 400 gram setiap hari memiliki sekitar 127 persen dari jumlah yang disarankan. Jenis ikan berikut ini diketahui dapat meningkatkan asupan vitamin D cukup baik:

  • Salmon
  • Herring
  • Tuna
  • Mackerel
  • Sarden

3. Makanan yang Diperkaya

Maksud dari makanan yang diperkaya adalah telah mengalami proses dan diolah dengan menambahkan vitamin dan mineral tertentu. Walaupun demikian konsumen harus tetap memperhatikan isi sesuai yang tertera dalam kemasan. Untuk mencegah beberapa orang yang kemungkinan mempunyai reaksi alergi terhadap zat-zat yang ada dalam makanan olahan tersebut.

Beberapa jenis makanan yang diperkaya:

  • Susu kedelai
  • Susu olahan
  • Jus jeruk
  • Roti
  • Sereal
  • Tahu
  • Jenis-jenis jamur

4. Makanan dari Hewan

Susu didapat dari hewan dan produk susu mengandung vitamin D.  Produk Susu beserta turunannya seperti keju diketahui mempunyai kandungan yang banyak mengandung vitamin D loh. Selain itu produk hewani lainnya, misalnya hati sapi dan kuning telur bisa juga untuk menambah asupan vitamin D. Kuning telur bahkan menyediakan sekitar 7 persen kebutuhan harian setara dengan sinar matahari pagi. Karena telur mengandung lemak, makan lemak akan membantu penyerapan vitamin oleh dinding usus.

5. Lampu Ultra Violet (UV)

Sekarang ini ada lampu dan sinar UV buatan yang dikembangkan untuk membantu orang-orang yang kekurangan daya serap terhadap sinar matahari. Lampu ini dibuat dengan lebar sekitar 40 cm dan panjang 60 cm.

Lampu UV buatan tingkat emisi UV Ray-nya tinggi sehingga mempunyai risiko yang sama terhadap mata dan kulit. Sehingga harus memakai pelindung mata pada saat penyinaran. Oleh karena itu pemakaian lampu UV hanya atas rekomendasi dokter saja.

6. Mengkonsumsi Tiram atau Oysters

Kandungan vitamin D pada tiram cukup tinggi loh. Yaitu pada kisaran 68% atau mengandung 272 IU pada setiap 86 gram oysters dari total kebutuhan vitamin D pada tubuh kita selama sehari.

7. Mengkonsumsi suplemen yang kaya akan kandungan vitamin D

Untuk kebutuhan vitamin D tambahan kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen vitamin C. Ada beberapa merk yang sudah terpercaya yang dapat kamu coba sebagai tambahan vitamin D, seperti wellness vitamin D, Blackmores, calcium magnesium vitamin D puritan’s pride, dan berbagai jenis suplemen lain.

Nah itulah tadi uraian dari 7 Asupan Potensial Meningkatkan Kadar Vitamin D Dalam Tubuhmu. Asupan ini penting kamu perhatikan karena jika tubuh kekurangan vitamin D, maka tubuh akan rentan terserang penyakit yang merugikan di masa depanmu. Terus perhatikan asupan yg masuk dalam tubuhmu kawan.

Baca juga : Manfaat Kopi Baru dari Serbuk Kopi Biji Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

Baca juga : 7 Tips Menjaga Imun Tubuh, di Rumah Saja